5 Cara Elegan Menyikapi Orang yang Membencimu tanpa Alasan

Kesal, marah, dan bingung, semua itu bisa kita rasakan ketika mendapati ada orang yang membenci kita tanpa alasan yang jelas. Padahal kita sudah berusaha bersikap baik dan menjaga komunikasi yang baik, tapi dia selalu saja mencari celah untuk menjatuhkan atau menyudutkan kita.

Menyikapi orang yang membenci kita tanpa alasan butuh kesabaran dan ketegaran. Kontrol diri sangatlah penting agar situasi tidak makin memburuk. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba agar kita tidak terlibat terlalu banyak drama dalam menghadapi orang yang membenci kita tanpa alasan.

1. Biarkan Rasa Tidak Nyaman Mengalir di Dalam Diri

Kita manusia yang punya perasaan. Ketika kita merasa terluka, sedih, atau marah karena ada orang yang membenci kita tanpa alasan, kita perlu menerima semua rasa tidak nyaman yang ada di dalam diri lebih dulu. Tak usah langsung meledak-ledak marah. Alirkan perasaan tak nyaman dengan melepaskan hal-hal yang mengganjal di dalam diri. Lakukan hal yang bisa membuat hati merasa lebih baik tanpa melukai diri sendiri.

2. Anggap Saja Orang yang Membencimu Itu Sedang Punya Masalah

Mengutip buku How to Love, keinginan untuk terlihat hebat adalah naluri alami manusia. Orang yang membencimu bisa jadi karena ingin merasa lebih hebat darimu. Meski sebenarnya dia mungkin sedang punya masalah sendiri yang ingin ia sembunyikan. Alih-alih fokus memperbaiki kualitas hidupnya sendiri, dia memilih cara pengecut dengan menjelek-jelekkan orang lain.

3. Ajak Bicara Langsung

Orang yang membencimu bisa jadi hanya berani bicara di belakangmu. Dia tak pernah benar-benar punya keberanian untuk berkomunikasi atau bicara langsung denganmu. Kamu bisa mencoba untuk mengajaknya bicara langsung. Jika kamu merasa perlu komunikasi yang lebih baik agar tidak terus menjadi sasaran kebencian, bicara tatap muka bisa dicoba agar tidak ada lagi hal-hal bohong atau buruk yang disebarkan.

4. Tetaplah Tampak Baik-Baik Saja di Depannya

Tetaplah tersenyum, bahagia, dan baik-baik saja di depannya. Yang membenci biarkan membenci. Cara terbaik untuk membuatnya makin “menderita” adalah dengan menampakkan kebahagiaanmu sendiri. Jadi, daripada buang tenaga meladeni semua omong kosongnya, mending tetap jalani hidup dengan tersenyum dan tawa.

5. Jaga Jarak Secukupnya

Menjaga jarak bisa dilakukan untuk menghadirkan kenyamanan diri. Kita tak harus selalu berdekatan dengan orang-orang yang cuma memberi pengaruh buruk dalam hidup kita. Kita bisa menjaga jarak dengannya agar kita bisa lebih fokus menjalani kehidupan kita sendiri.

Itu tadi lima hal sederhana yang bisa dicoba dalam menyikapi haters. Semoga ke depannya kita bisa senantiasa dikelilingi oleh ornag-orang baik dan suportif, ya.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.