5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi Di Era New Normal

Jika Anda memiliki tabungan investasi, maka tabungan tersebut juga bisa dijadikan dana darurat. Biaya yang disisihkan untuk dana darurat ini idealnya adalah 6 kali dari total pengeluaran setiap bulannya, khusus bagi Anda yang belum berkeluarga. Namun jika Anda sudah berkeluarga Anda bisa menyisihkan sekitar 9 kali dari whole pengeluaran. Alih-alih membuat anggaran detail layaknya profesional, lebih baik Anda memulainya dengan yang simpel, semudah membuat catatan arus kas.

Baik besar maupun kecil jumlah pendapatan yang dimiliki, setiap orang harus memahami bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. Ini agar nilai tabungan Anda tidak tergerus inflasi atau kenaikan harga barang-barang yang terus ada tiap tahun. Investasi tersebut nantinya bisa Anda arahkan untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan, misalnya untuk tabungan pernikahan, uang muka kredit rumah, sampai mempersiapkan dana pensiun. Setidaknya, milikilah dua rekening tabungan dalam pengelolaan keuangan Anda.

Tetapi, mereka tetap mengedepankan kemampuan mencari dan mendulang, ketimbang sekadar menyimpannya. Saat ini Finansialku sudah mengembangkan aplikasi untuk mengelola dan merencanakan keuangan. Salah satu fitur-nya adalah “Rekeningku” yang isinya pencatatan keuangan keluarga. Orang-orang biasanya menyimpan dana daruratnya di tabungan, deposito, emas dan reksa dana pasar uang. Kita harus realistis dalam menentukan pengeluaran bulanan, jumlah dana darurat dan tempat menyimpannya. Komitmen dengan rencana keuangan yang telah anda buat itu penting dilakukan dalam mengatur keuangan saat bulan ramadhan anda.

Dengan lima cara ini, akan menjadi salah satu langkah untuk mengolah keuangan pasca lebaran. Di balik segala keburukan yang tercipta akibat corona, ada satu celah yang bisa Anda manfaatkan peluangnya, yaitu investasi. Di masa kini, nilai investasi sedang turun sehingga menjadi momentum yang dapat Anda manfaatkan untuk mulai berinvestasi, apalagi bila Anda merupakan investor pemula. Investasi ini penting di jangka panjang, karena setelah pandemi corona usai, ada kemungkinan nilai investasi Anda akan meningkat sehingga memberikan keuntungan untuk Anda di masa depan nanti. Anda harus memastikan segala tagihan merupakan hal pertama yang Anda bayar, seperti air, listrik, ataupun web. Di masa karantina seperti ini, Anda tidak bisa keluar dari rumah sehingga harus mengandalkan kegiatan di dalam rumah saja.

Agar kamu tidak terjebak dengan hutang yang kamu ambil, maka kenali lebih dalam bentuk hutang saat hendak mengajukannya. Jika memungkinkan, ambillah hutang tersistem yang berada dalam satu payung lembaga perbankan, sehingga kamu dapat mengatur modal pembayaran yang sesuai dengan kemampuan dan fleksibilitas kamu. Banyak financial institution dan lembaga keuangan sejenis yang mulai menerapkan hal ini, kenali hal tersebut mulai sekarang. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat primer terlebih dahulu, baru kemudian hal-hal yang bersifat sekunder hingga tersier. Jangan pula mudah terpengaruh dengan beragam penawaran komersial di luar sana sebelum kamu benar-benar menyeleksinya dengan cermat. Dengan demikian, kamu sudah harus sadar bahwa kegiatan nongkrong atau hangout yang tidak begitu penting dikurangi.

Menabung harus dilakukan dengan disiplin, menabung bukan dari uang sisa. Namun, tentunya itu bukanlah alasan untuk kemudian membuat remaja tidak belajar mengatur keuangan. MASA remaja di dalam psikologi diartikan sebagai masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa di mana seseorang mulai belajar banyak hal untuk mempersiapkan diri menjadi dewasa.

Tips mengatur keuangan

Siapa tau, kamu dapat menginginkan produk yang kamu mau tanpa harus mengganggu tabungan utama kamu. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk kejadian-kejadian darurat yang menimpa ketika berbisnis. Keberadaan dana darurat ini penting agar bisnis bisa tetap berjalan meski kondisi di luar sedang kurang baik. Seperti yang dibahas sebelumnya, mengatur keuangan untuk bisnis tidak sekedar mencegah agar mengalami kerugian saja. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari mengatur keuangan untuk berbisnis.

Oleh karena itu ALovers perlu memasang pengingat untuk membayar tagihan. Penting lho untuk menahan diri mengeluarkan uang berlebihan, terutama di awal bulan. Tapi, coba deh dahulukan hal lain yang lebih penting dan tahan keinginan impulsive kamu. Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya.

Salah satu produk hunian yang ditawarkan oleh Ciputra Group ini adalah cluster terbaru yang dipasarkan dengan harga 171 Juta Rupiah, sudah termasuk PPN dan biaya surat AJB BPHTB. Untuk bisa lebih berfokus dalam menabung, pastikan Anda terbebas dari urusan piutang termasuk utang transaksi kartu kredit. Anda pun tak perlu khawatir dan tertekan karena harus melunasi utang dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, jika Anda memiliki catatan kredit yang bersih, maka pengajuan KPR lebih mudah disetujui oleh pihak bank.

Burek